3:54 pm - Thursday April 24, 2014

Penguatan Kapasitas Manajemen Perencanaan Berbasis Masyarakat

Parepare (12/5-2011) — Sejalan dengan perubahan sistem pemerintahan pasca pelaksanaan otonomi daerah di Tanah air yang membuka ruang bagi setiap daerah memotivasi dalam memacu pembangunan didaerahnya dengan memformulasi kebijakan pembangunan dalam berbagai pola rangkaian yang lebih variatif dan kolaboratif. Berbagai terobosan telah dilakukan oleh banyak daerah untuk memberikan kontribusi pembangunan dalam skala nasional dengan mengacu pada kemampuan sumber daya (resource) di masing-masing daerah baik itu natural resource maupun human resorce. Pembangunan SDM di daerah terus menjadi prioritas sebagai bagian integral dalam proses pembangunan SDM nasional dengan harapan dapat memacu peningkatan kwalitas perencanaan pembangunan dimasa yang akan datang.

Berbagai upaya telah dilaksanakan untuk mendukung dan mencapai hasil yang diharapkan, salah satunya adalah penyediaan SDM (Human Rresource) yang mumpuni dalam semua lini lapangan kerja dengan melakukan kegiatan peningkatan kapasitas. Ada banyak fakta yang menyodorkan bahwa ketidaksiapan SDM-lah yang menjadi faktor sehingga kegagalan suatu program kegiatan sering terjadi. Maka untuk menjawab tantangan tersebut memacu kwalitas SDM merupakan pilihan yang tak terhindarkan.

Kegiatan ini berawal dari inisiasi, aspirasi, serta respound atas kebutuhan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar melalui kerjasama JICA Sulawesi CD-Project sekaligus langkah kongkrit untuk mendukung dan mendorong pencapaian target program Lima Kebijakan Bupati Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat 2009-2014, dirasa perlu untuk melakukan berbagai program kegiatan yang bersentuhan dengan pengembangan dan peningkatan kapasitas pada beberapa stakeholder pembangunan di Kabupaten Polewali Mandar, terutama yang ada di SKPD. Hal tersebut dimaksudkan agar proses pembangunan daerah mencapai target sebagaimana yang diinginkan secara efektif dan didasarkan pada pengolahan dan pemanfaatan sumber daya lokal yang maksimal.

Selain itu dengan SDM yang memadai tentu perencanaan pembangunan akan lebih terarah dan mencapai sasaran berbasis kebutuhan sehingga image perencanaan pembangunan yang dianggap sebagai suatu rutinitas dan seremoni belaka tampa pernah mampu menghadirkan proses yang berkualitas dan berpihak pada perencanaan yang memahami kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat dapat terkikis dengan sendirinya. Ketersediaan dan penyiapan SDM ini juga diharapakan mampu membangun kesepahaman dan kesamaan persepsi diantara stakeholder terhadap proses perencanaan pembangunan yang bernuangsa pada pola mekanisme kolaborasi sehingga bermuara pada perencanaan pembangunan yang berkualitas dan efektif dimasa yang akan datang.

Dari berbagai hal tersebut diatas, memberikan inspirasi dan motivasi kepada Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar untuk melakukan serangkaian kegiatan penguatan kapasitas menyangkut manajemen perencanaan  berbasis komunitas dan mekanisme kolaborasi yang pembukaannya dimulai Hari Senin Tanggal 9 Mei 2011 di Hotel Delima Sari Parepare Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Polewali Mandar (ALI BAAL) yang disampaikan oleh diwakili oleh Staf Ahli (Burhanuddin Nonci) serta membacakan beberapa sambutannya. Pada proses pembukaan tersebut juga dihadiri oleh PIC Prov. Sulbar, Ketua DPRD Kab. Polewali Mandar, JICA CD-Project, serta para peserta dari beberapa SKPD diantaranya; Sekretariat Daerah (SETDA), Bappeda, Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga, Dinas Pertanian & Peternakan, Dinas Perhubungan dan Komunikasi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, BKKDD, Dinas Sosial, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Perindustrian & Perdagangan, Dinas Kesehatan, BPMPD, Dinas Perikanan & kelautan, serta unsur dari SKPD Kecamatan Sesuai Dapil antaralain; Dapil 1 Kecamatan Anreapi, Dapil 2 Kecamatan Wonomulyo, Dapil 3 Kecamatan Campalagian, Dapil 4 Kecamatan Alu.  Penguatan kapasitas manajemen perencanaan berbasis komunitas dan mekanisme kolaborasi merupakan tindak lanjut dari Program Kerjasama antara Pemerintah Provinsi dengan JICA CD-Project berakhir pada Hari Jumat Tanggal 13 Mei 2011 yang pembiayaannya  dibebankan pada APBD Kab. Polman Tahun Anggaran 2011 melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan sharing dari JICA CD-Project Sulawesi dalam bentuk penyiapan Narasumber dan Fasilitator.

Untuk Lebih Jelasnya, Download Laporan Kegiatan

Filed in: Lapkeg

Comments are closed.